Kamis, 10 Mei 2012

Atur Desktop Anda dengan Ubuntu Tweak 0.7

Setelah Anda melakukan Install Ubuntu Precise Pangolin tidak lengkap rasanya kalau belum menginstall Ubuntu Tweak. Saya akan menyarankan Anda untuk menginstallnya, ini adalah tools yang harus dimiliki pada setiap sistem Ubuntu Anda.
Ubuntu Tweak 0.7
Beberapa fitur utama yang ada pada tools Ubuntu Tweak 0.7 ini diantaranya :
  • Kembalinya empat fitur yang sebelumnya pada versi 0.6 dihilangkan kini sudah kembali : App Center, Source Center, Templates dan Script.
  • Terintegrasinya Source Center dengan fitur PPA Purge dan App Center dengan tampilan Installed Apps.
  • Peningkatan pada Janitor dengan membersihkan cache aplikasi
  • Pencarian Global Fuzzy (untuk mencari semua Tweak yang ditawarkan Ubuntu Tweak)
  • QuickLists Editor untuk mengedit ikon Launcher Unity
  • Pengaturan Login untuk Ubuntu 12.04 (memainkan suara login, pemilihan theme jendela login dan grid)
  • Pengaturan Unity dan Workspace baru
  • Adanya installasi theme (saat ini baru theme ikon)
  • Menonaktifkan HUD dan shortcut hit overlay
Tampilan layar Ubuntu Tweak 0.7 seperti yang Anda lihat sudah ada beberapa perubahan UI dibandingkan dengan Ubuntu Tweak 0.6, ditambahkannya scrollable dan entri pencarian. Cara pengoperasian Ubuntu Tweak 0.7 ini sangat sederhana, saat Anda menjalankannya  dan memasukkan kata pada search entry dengan kata kunci seperti tweak, theme, font dan sound. Ubuntu Tweak akan memberikan hasil yang cocok dengan kata kunci yang Anda maksud, selanjutnya Anda dapat menekan tab untuk menavigasi dan menuju target. Jika Anda ingin menonaktifkan 'HUD' tapi tidak tahu ada dimana, maka Anda cukup mengetikkan kata 'hud' pada kotak pencarian, Apa komentar Anda?
Search Entry
Adanya penambahan fitur 'Install Theme' sebelumnya pada versi 0.6 tidak ada, ini sangat membantu jika Anda ingin menginstall Theme dari pihak ketiga.
Perbedaan Ubuntu Tweak versi 0.6 dan 0.7
Ubuntu Tweak 0.7 juga memungkinkan untuk melakukan men-tweak teknologi terbaru dari desktop Unity. Pengaturan Unity bisa berupa me-nonaktif-kan HUD dan Shortcut Hit Overlay jika dirasa Anda tidak membutuhkannya. Jika Anda mengacaukan segala tampilan yang ada di desktop baik sengaja maupun tidak sengaja, tidak usah khawatir karena sekarang sudah ada cara untuk mengembalikan ke pengaturan defaultnya yaitu dengan menekan tombol Reset.
Men-tweak Unity
Pengaturan Compiz telah disederhanakan  dengan nama baru yang disebut Workspace, disini Anda masih bisa mengatur screen edge dan men-adjust workspace.
Tweak Workspace
Tampilan Login window menggunakan LightDM yang telah dimodifikasi untuk mengikuti latar belakang pengguna, Selain itu Anda juga dapat men-tweak menarik grid, memainkan suara login atau mengganti theme login window.
Tweak Login Setting
Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, adanya penambahan empat fitur yaitu : App Center, Source Center, Templates dan Script.
Penambahan Empat Fitur
Pada Application Center menampilkan  Installed Apps, Anda dapat melihat aplikasi umum yang digunakan dan diinstall disini.
Tweak Application Center
Pada Source Center sudah terintegrasi dengan fitur PPA Purge, jika Anda tidak menyukai PPA atau mau melakukan downgrade dengan aman, maka pilih PPA yang dimaksud lalu klik tombol Purge PPA.
Tweak Source Center
Quicklists Editor, jika Anda sering menggunakan Launcher Unity maka tools ini merupakan fitur yang sangat bagus. Anda dapat menambahkan dan mengatur ikon yang disematkan pada Launcher. Misalnya Anda menambahkan item SSH ke terminal yang dapat digunakan untuk sesi SSH saat dipanggil langsung meluncur ke sesi SSH tanpa harus membuka terminal terlebih dulu. 
Tweak Quicklist Editor
Pada komputer Janitor mengalami beberapa perbaikan : pembersihan cache aplikasi menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan berdasarkan kategori, Anda bisa melakukan pembersihan cache untuk aplikasi tertentu saja, menampilkan ukuran cache setiap item dengan jelas.
Tweak Computer Janitor
Secara umum Ubuntu Tweak 0.7 sudah siap digunakan baik Ubuntu 12.04 LTS maupun Ubuntu 11.10 dan turunannya seperti Linux Mint atau Pinguy dll. Untuk mendownload dan menginstall Ubuntu Tweak 0.7 menggunakan perintah berikut pada terminal :
  • sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install ubuntu-tweak

0 komentar

Posting Komentar