Minggu, 30 September 2012

KDE Meyakinkan Pengguna Legal Menggunakan QT

KDE akan selalu menggunakan QT sebagai UI development toolkit-nya seperti yang ditulis Jos Poortvliet (kontributor KDE dan manager komunitas openSUSE) dalam blog posting di situs KDE. Qt yang dimiliki oleh Nokia setelah mengakuisisi Trolltech, kini para petinggi KDE berdasarkan perjanjian  yang menyatakan bahwa Nokia merilis update reguler toolkit Qt untuk open source dan bila tidak terpenuhi, dalam klausul dimana masyarakat KDE diperbolehkan untuk merilis versi terbaru dari toolkit di bawah lisensi BSD.
Tampilan MeeGo untuk NetBook
Setelah Nokia membuat kesepakatan dengan Microsoft untuk mendistribusikan Windows Phone OS  pada perangkat kerasnya, perusahaan menghentikan produk-produk berbasis  MeeGo di pasar Eropa dan Amerika. Mereka juga memperkecil pengembangan Qt dan meng-outsourcing-kan dukungan komersialnya. Dengan kenyataan ini, masyarakat KDE ingin lebih memperjelas bahwa melihat masa depan Qt sekalipun jika Nokia tidak melanjutkan pengembangannya.
Nokia dengan Windows Phone OS
Poortvliet mengatakan "Ekosistem Qt jauh lebih besar dari satu atau dua vendor ponsel. Dalam industri otomotif serta industri film dan bidang medis, Qt adalah komponen strategis untuk pengembangan perangkat lunak untuk 5-10 tahun ke depan. Kami berdiri di belakang Qt, sebagai salah satu pendukung terbesar dan kami memiliki keyakinan dalam ekosistem di balik itu, dan kami ingin masyarakat mengetahui hal ini."
Qt Creator
KDE Desktop Transparan


0 komentar

Posting Komentar