Kamis, 15 November 2012

Sukses Install Spotify Musik Online di Kubuntu/Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal

Spotify merupakan layanan musik streaming yang dikembangkan oleh startup teknologi Swedia dengan nama Spotify AB. Layanan musik digitalnya dipilih dari berbagai label rekaman besar maupun independen termasuk Sony, EMI, Warner Music Group, dan Universal. Untuk merasakan layanan streaming ini terlebih dahulu harus registrasi (Sign up), saat ini layanan Spotify baru mencakup sekitar 20 negara dan tidak termasuk Indonesia. 

Dengan sedikit trik beruntung saya bisa sukses melakukan registrasi dan langsung mencoba fitur yang ada di Spotify sambil mendengarkan musik favorit secara streaming.
Sebelum mencoba fitur, Install Spotify di Kubuntu/Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal dengan mengetikkan di terminal :
Tambahkan  keyserver :
sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys 94558F59

Tambahkan repository :
sudo sh -c 'echo "deb http://repository.spotify.com stable non-free" >> /etc/apt/sources.list'

Berikutnya update sistem dan install Spotify klien :
sudo apt-get update && sudo apt-get install spotify-client-qt
Di Kubuntu, Spotify bisa dipanggil melalui menu Kickoff --> Applications --> Multimedia --> Music Player Spotify
Sebelum menjalankan Spotify registrasi dahulu dengan klik link Sign Up atau Login dengan memasukan username dan password kalau sudah memiliki Akun di Spotify. Login melalui Facebook hanya bisa dilakukan untuk negara yang sudah di-support oleh Spotify dan belum termasuk Indonesia.
Disini saya baru mencoba beberapa fitur dari sekian banyak fitur yang ada di Spotify diantaranya :
Playlist
Membuat Playlist di Spotify sangat mudah dengan mengklik New Playlist yang ada di kolom sebelah kiri, berikutnya mengetikkan nama playlist Anda misal 'Pink Floyd'. Untuk menambahkannya pilih Track lagu klik dan tarik lalu jatuhkan di nama playlist yang tadi dibuat (kalau bahasa kerennya klik drag and drop).
Atau cara lain dengan memilih Track lagu lalu klik kanan dan pilih Add To lalu arahkan ke nama playlist yang sudah dibuat misal 'Pink Floyd'.
Pencarian Lagu
Sampai bulan Juli 2011 saja jumlah lagu yang tersedia di spotify mencapai 18 juta lagu dari berbagai genre musik. Pengguna dimudahkan dengan adanya search bar guna melakukan proses pencarian lagu favorit-nya. Sudah lama gak dengerin David Gilmour sama Roger Waters nyanyi, tape deck rusaak... Daripada kaset jadi bulukan langsung aja ketik 'pink floyd' di search bar, apa yang ada di kaset sekarang ada di playlist Spotify bahkan lebih lengkap dan lebih jernih suaranya.
Top List
Kelebihan Spotify adalah bisa mengurutkan lagu atau artis mana yang sering diputar dan ditampilkan dalam peringkat sebagai Top List terpopuler.
Integrasi Last.fm
Spotify di Desktop MATE - Integrasi dengan Last.fm
Radio
Spotify juga bisa digunakan untuk mendengarkan Radio streaming dengan banyak pilihan stasiun radio dari berbagai macam genre musik.
Radio Streaming
Radio Streaming dengan berbagai macam Genre
Integrasi Sosial Media
Spotify memfasilitasi pengguna Facebook dan Twitter untuk mengintegrasikan Akun-nya, sehingga memungkinkan untuk berbagi musik dengan teman-teman di Facebook
Koneksi Spotify dengan Facebook
Share musik melalui facebook atau twitter
Share di Facebook
Fitur Aplikasi
Dengan adanya fitur Aplikasi tinggal menambahkan dengan mengklik tombol Add, misal aplikasi Billboard Top Chart, memang Billboard terkenal dengan sistem chart tangga lagu untuk meng informasikan lagu apa aja yang menjadi Hit's dalam kurun waktu tertentu.
Penambahan Fitur Aplikasi
Aplikasi Billboard Top Charts
Fitur Offline
Fitur ini hanya tersedia untuk pengguna premium atau berbayar, saat ini saya masih menggunakan fasilitas free 30 hari kedepan. Katanya dengan fasiltas offline, pengguna bisa melakukan sinkronisasi playlist dan lagu akan didownload ke komputer atau perangkat phonsel. Meski koneksi internet terputus masih bisa menikmati lantunan lagu hasil sinkronisasi tadi.
Sinkronisasi Komputer sama Phonsel

Kalau ada yang mau nambahin fitur lainnya silahkan.

claim token 2NE9YT4MA338

0 komentar

Posting Komentar