Jumat, 26 Oktober 2012

Install Kubuntu 12.10 Quantal Quetzal

Install Kubuntu 12.10 Quantal Quezal :
Untuk memulain install Kubuntu 12.10, pilih ikon Install Kubuntu 12.10 yang ada di desktop atau bisa melalui Kickoff Launcher -> Applications -> System -> Install Kubuntu 12.10.
Setting koneksi Internet melalui Wifi, ini opsional saja kalau ingin langsung meng-install plugin atau codec yang dibutuhkan untuk memainkan file multimedia.

 Pilih bahasa dan selanjutnya klik timbol Continue
Kalau komputer terkoneksi ke internet bisa memilih software dari pihak ketiga dan melakukan download, update serta install secara langsung, namun ini akan memakan waktu yang lama tergantung kecepatan koneksi internet.
Tahapan berikutnya menentukan partisi yang akan digunakan, kalau saya lebih senang menggunakan Manual
Pilihan manual partisi
 Menentukan sistem file baik untuk file sistem root, mounting dan swap
Menentukan Mount point partisi /Data, hati-hati kalau ada data di partisi jangan di centang pilihan Format this partition-nya
Partisi dan sistem file yang sudah di mountpoint.  Menentukan tempat boot loader /dev/sda
Memilih zona waktu dan tempat, untuk Indonesia pilih Jakarta GMT +07 atau klik Jakarta yang ada di peta.
Ganti layout keyboard jika dirasa perlu, tapi saya sarankan gunakan default saja cukup dengan klik Continue.
Masukan Nama lengkap, username dan password Anda, ada peringatan kalau password yang diisikan terlalu pendek.
Pilihan Require my password to log in memungkinkan keamanan lebih karena setiap ingin masuk desktop KDE kita terlebih dahulu harus memasukkan username beserta passwordnya.  Sedangkan sebaliknya pilihan  Log in automatically  masuk Desktop KDE secara langsung ini karena komputer personal.
Selanjutnya tunggu beberapa saat dan akan ditampilkan slide informasi tentang Kubuntu 12.10 beserta aplikasi yang ada didalamnya.











Proses instalasi Kubuntu 12.10 Quantal Quetzal sudah selesai, bisa langsung reboot atau melanjutkan eksplorasi Kubuntu secara Live DVD/USB
Sistem Kubuntu 12.10 Quantal Quetzal  siap untuk digunakan dan ini adalah tampilan desktop KDE SC 4.9.2 di laptop Axioo Neon dengan pemutar musik Amarok beserta tampilan  lyrics lagu yang sedang dimainkan dan informasi artis/penyanyi dari sumber wikipedia.



0 komentar

Posting Komentar