Senin, 28 November 2011

VectorLinux 7.0 GOLD

Pada tanggal November 27, 2011, Rilis terakhir dari VectorLinux 7.0 GOLD (aka code name "GG") sekarang sudah tersedia. Rilis ini merupakan hasil kerja keras berdarah-darah dan air mata para pengembang selama hampir dua tahun sejak rilis VectorLinux 6.0 yang sangat sukses. Dengan antusiasme sekelompok kecil pemaket, sekarang telah memiliki lebih dari seribu paket pada repositori dan akan terus bertambah. VectorLinux adalah salah satu desktop Linux tercepat yang ada saat ini. Kata pembuat vector "Kami telah melampaui tujuan awal kita VectorLinux 7.0 dan menghasilkan sebuah desktop, indah stabil penuh fitur yang menyenangkan, cepat dan efisien". Desktop utama menggunakan Xfce-4.8 dengan theme yang di-kustom khas sekali dengan karya seni yang unik milik VectorLinux. Fluxbox juga diinstal sebagai pilihan desktop yang kedua. Mereka telah banyak melakukan lokalisasi sehingga pengguna di seluruh dunia akan menemukan VectorLinux dapat digunakan dalam bahasa pilihan mereka.




Bagi para pengguna tidak udah khawatir sepi karena tidak bisa memutar mp3 atau pun nonton film, VectorLinux sudah mengatasinya dengan memasukan DVD playback, Codec Audio dan Video, Multimedia dan plugin Java semuanya terinstal dan bekerja sangat baik menjadikan PC/Note book kita sangat Power Full. 


Bagi yang membutuhkan aplikasi grafis yang open source VectorLinux memasukan Gimp, Inkscape, Geeqie dan Shotwell. Urusan aplikasi internet terdapat Firefox terbaru dan Opera untuk Browsing Internet, Pidgin dan Xchat untuk instant messaging. Urusan membakar CD/DVD dipercayakan pada Brasero tapi bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan K3B tersedia di repo. Untuk memainkan berbagai format media terdapat Mplayer , UMplayer, Xine dan Exaile. Kalo urusan perkantoran VectorLinux mempercayakan pada Gnumeric dan Abiword terkenal aplikasi perkantoran yang sangat ringan. Bagi Anda yang terbiasa dengan Libreoffice bisa di install dari repo. 


VectorLinux 7.0 ini dipersenjatai dengan kernel versi 3.0.8 yang sudah ada perbaikan dalam hal instalasi dan dukungan perangkat keras yang paling modern. Masalah jaringan WIFI sudah tidak usah khawatri lagi dengan ditambahkannya update driver dan firmware serta memasukan Wicd sebagai pengelolaan jaringan kabel maupun nirkabel. Masalah perlindungan keamanan menggunakan Gufw sebagai firewall serta ditambahkan dukungan beberapa model webcam.


Sampai tulisan ini di tulis belum tersedia VectorLinux versi 64 bit masih dalam tahap beta, bagi yang tertarik versi 64 bit bisa melihat ke forum
Bagi yang ingin mencoba VectorLinux 7.0 bisa mendownload file iso dari server resmi di sini:


http://vectorlinux.osuosl.org/veclinux-7.0/iso-release/VL7.0-STD-GOLD.iso
http://vectorlinux.osuosl.org/veclinux-7.0/iso-release/VL7.0-STD-GOLD.iso.md5.txt
http://vectorlinux.osuosl.org/veclinux-7.0/iso-release/VL7.0-STD-GOLD-LIVE.iso
http://vectorlinux.osuosl.org/veclinux-7.0/iso-release/VL7.0-STD-GOLD-LIVE.md5sum




Thank's Vector
Cheer!

0 komentar

Posting Komentar