Minggu, 30 September 2012

Install Mageia 1.0 di VirtualBox [Late]

Install Mageia 1.0 di VirtualBox [Late] ini bukan berarti Linux Mageia-nya yang terlambat, tapi dikarenakan Snapshot gambarnya yang baru ketemu dan terlambat melakukan posting. Jadi dengan demikian  apabila menemukan disetiap judul yang diakhiri [Late]  mohon maklum  file dokumentasi yang baru ketemu dan [Late] posting.
Proyek Linux Mageia dimulai pada bulan September 2010  merupakan hasil fork dari Mandriva Linux  dan mengeluarkan rilis stabil perdananya pada bulan Juni 2011. Mageia menyediakan versi desktop GNOME dan KDE dengan pembagian wilayah berdasarkan kelompok bahasa yang digunakan. Saat itu saya cukup antusias menyambut Mageia sehingga pada awal kemunculan Mageia versi Apha dan Beta langsung download dan mencobanya baik melalui VirtualBox maupun hardisk kosong. Namun pada kedua versi tersebut mengalami kegagalan versi Alpha tidak bisa boot/proses booting terhenti dan pada versi Beta bisa booting masuk LiveCd dan terhenti layar jadi blank sehingga tidak bisa melakukan installasi.
Tampilan Desktop Linux Mageia  2 Alpha-1 KDE4
Proses installasi baru bisa dilakukan sejak versi 1.0 stabil muncul dan versi 2 Alpha ataupun Beta. Setelah sukses Instal versi 1.0 selanjutnya saya mencoba Mageia 2 versi Alpha-1  pada bulan Desember 2011 seperti yang terlihat pada LoginScreen dibawah. Menu Booting Mageia 2 Alpha-1 masih menampilkan Mageia 1. Inilah beberapa Snapshot proses installasi Mageia 2 Alpha-1 yang dilakukan melalui VirtualBox di komputer Host LinuxMint:
Proses Booting LiveCD
Menu Live Install
Memulai Installasi Mageia
Pilih Bahasa yang digunakan
Persetujuan Lisensi
Pemilihan Zone Waktu
Setting Jam dan Tanggal
Pilih Keyboard Layout
Penambahan User dan Password
Penentuan Partisi yang digunakan
Proses Format Partisi
Secara otomatis meremove paket yang tidak dipilih
Proses Installasi sedang berlangsung
Pemilihan Lokasi GRUB Bootloader
 
Menu boot entry
Finish, Restart komputer untuk masuk Mageia
Menu Boot Mageia 2 Alpha-1 KDE 4 masih menampilkan Mageia 1
Tampilan Desktop Linux Mageia  2 Alpha 1 KDE4

Saat ini versi stabil Mageia sudah mencapai versi 2.0 yang dikeluarkan pada bulan Mei 2012. Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba Linux Mageia bisa download disini dengan dua varian GNOME dan KDE.

0 komentar

Posting Komentar