Minggu, 21 Oktober 2012

Anda Takut Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal? Solusi-nya!

Ubuntu 12.10 'Qualtal Quetzal' telah dirilis oleh Canonical pada tanggal 18 Oktober kemarin, dan bagi Anda yang sudah menginstallnya tentu mendapatkan interface Unity. Selama 18 bulan terakhir Ubuntu mengalami transisi yang tidak mudah bagi Canonical dalam menghadapi kritikan yang vokal dari basis penggunanya.
Applications Lens

Anda Takut Ubuntu 12.10? jika Dash menggabungkan pola pencarian lokal dengan sumber online bila semua itu ditampilkan dengan sangat baik, tentu saja  adanya Advertiser (misal Advertising Amazon).
Opsi Mematikan Shopping Lens Amazon

Ini merupakan salah satu cara Canonical mendapatkan pemasukan lebih. Dengan Dash bisa memberikan sugesti lebih akan hasil pencarian dengan meng-integrasikan Shopping Lens. Sehingga saat kita melakukan pencarian, konten komersial mulai dikirimkan. Solusi-nya kita bisa mematikan Amazon Lens.
File Manager Nautilus 3.4.2

Anda takut Ubuntu 12.10 tidak memasukan file manager GNOME terbaru yaitu Nautilus 3.6, memang rilis final Ubuntu 12.10 akan menggunakan Nautilus 3.4.2 sama yang digunakan pada Ubuntu 12.04. Hal ini tentu saja Canonical beralasan karena pada Nautilus 3.6 terbaru menghapus fitur utama yang umum dan biasa digunakan pengguna. Solusi-nya masih bisa diinstall Software Center kok.
Fitur Unity 2D Hilang

Ubuntu 12.10 sudah menghapus fitur Unity 2D secara keseluruhan dan tidak tersedia lagi di repository sejak Ubuntu 12.10. Solusi bagi pengguna Ubuntu yang tidak memilki VGA Card dengan fitur 3D kini tidak perlu khawatir lagi masih bisa menikmati Ubuntu 3D dengan llvmpipe, Sehingga tidak perlu lagi sesi fallback dan akan tetap terlihat sama untuk semua pengguna.
Ubuntu One

Ubuntu One sekarang dapat singkronisasi aplikasi dengan  perangkat lain, Solusi-nya  installasi Ubuntu One sudah tersedia diberbagai perangkat.

Dengan Ubuntu 12.10 file iso yang tersedia berukuran 800 MB yang artinya sudah tidak muat lagi dalam satu keping CD. Solusi-nya tentu harus beralih menggunakan DVD atau USB Flash Drive untuk menginstall versi Ubuntu terbaru ini.
Desktop MATE menjalankan Spotify Musik Online

Dengan alasan tertentu Anda tidak suka menggunakan Unity, Solusi-nya masih bisa install GNOME Shell 3.6.1 terbaru dan tersedia di repository Ubuntu 12.10, sehingga Anda dengan mudah dapat menginstalnya melalui Ubuntu Software Center.
Bila dirasa VGA Anda tidak mumpuni untuk menjalankan Unity maupun Clutter GNOME Shell masih bisa Install Desktop MATE atau Install KDE.

Desktop KDE (Kubuntu 12.10 Quantal Quetzal)

Dari segi tampilan menjadi lebih ergonomis dan mudah untuk digunakan, ini merupakan kunci utama dalam mendesain perangkat lunak modern.
Desktop Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal
Suka atau tidak suka terhadap Unity seperti yang dilakukan para kritikus ternyata keberadaan Unity telah membantu meningkatkan standar di sejumlah proyek. Seperti yang baru saja diumumkan mengenai proyek Ubuntu TV, Ubuntu untuk Android dan ketersedian untuk Tablet dimasa yang akan datang. Tapi yang sudah pasti ada adalah ketersedian untuk desktop sebagai andalannya.
Ubuntu TV
Ubuntu Tablet

Dilain kesempatan nantikan! Saya akan posting kelebihan serta fitur terbaru dari Ubuntu 12.10.
Setelah melihat kekurangan yang ada di Ubuntu 12.10 beserta solusi-nya, Apakah Anda masih khawatir beralih ke Ubuntu 12.10?

Bersambung >>

0 komentar

Posting Komentar