Kamis, 18 Oktober 2012

Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal Sudah Dirilis


Menurut Canonical,  Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal akan disematkan banyak sekali fitur baru sebagai desktop. Sehingga banyak kalangan menanti kemunculan Ubuntu 12.10 rilis terbaru ini termasuk saya. Sebelumnya saya pernah mencoba install Ubuntu 12.10 versi Beta dan terlihat proses pencarian video terintegrasi dengan Youtube.
Sejak pagi hari 18 Oktober saya coba cek ke  situs Ubuntu masih menunjukan versi 12.04. Karena penasaran saya cek lagi siang hari, sore bahkan sampai malam hari Ubuntu 12.10 masih belum muncul dan gak ada link untuk di download.
Awalnya saya sempet ragu terjadi keterlambatan dari jadwal yang telah ditentukan yaitu tanggal 18 Oktober, mengingat saya coba cek terakhir kali sampai menjelang berakhirnya pergantian tanggal (seperti pada gambar diatas tanggal 18 Oktober 2012 jam 23:46 waktu Jakarta masih terlihat Ubuntu versi 12.04) masih belum mendapatkan link untuk download Quantal Quetzal.
Link Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal
Baru pada tanggal 19 Oktober dini hari (waktu Jakarta) di situs resminya Ubuntu mulai menunjukkan ada link Ubuntu 12.10 untuk didownload. Sebenarnya rilis Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal ini tepat waktu pada tanggal 18 Oktober waktu USA sedangkan untuk Indonesia baru pada tanggal 19 Oktober dini harinya, ini mengingat perbedaan zone waktu saja.
Ubuntu Quantal Quetzal mengusung slogan Hindari rasa sakit Windows 8 'Avoid the pain of Windows 8'. Bagi Anda yang ingin download file iso disini, atau melalui torrent desktop-i386 dan desktop-x86_64, sedangkan proses installasinya bisa sebagai acuan disini.
Download Ubuntu Quantal Quetzal melalui Torrent
Berdasarkan situs resminya inilah beberapa fitur yang ada di Quantal Quetzal :
Unity Web Apps
Dengan sekali klik yang terdapat pada Launcher mengintegrasikan Website ke dalam desktop Ubuntu seolah-olah seperti Aplikasi, terdapat quicklists, notifikasi, menu indikator Ubuntu dan HUD. Fitur ini seperti yang ada di Gnome Shell.
Search secara Online
Di Ubuntu, biasanya Dash menampilkan hasil pencarian file foto dan video untuk lokal komputer, tapi sekarang dapat melakukan pencarian online seperti foto Anda di Flickr, dokumen Google Drive, Ubuntu One selama terhubung ke internet.
Dash Preview
Kini di Dash Anda dapat melihat dan preview hasil pencarian dari Ubuntu One Music Store.
Dan masih banyak lagi fitur lainnya yang akan dibahas pada kesempatan lain.


0 komentar

Posting Komentar