Selasa, 16 Oktober 2012

Install Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal [Beta]

Maskot Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal
Berdasarkan jadwal, Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal  akan dirilis pada tanggal 18 Oktober 2012. Besaran filenya juga sudah tidak muat lagi dalam cakram CD sehingga harus menggunakan DVD, saya sangat menganjurkan install Ubuntu menggunakan USB drive. Selanjutnya arahkan booting di BIOS pertama ke DVD atau USB Flash drive. 
File ISO Ubuntu 12.10 Beta bisa didownload disini, tapi saya sarankan untuk bersabar menunggu versi Final tanggal 18 Oktober nanti dan bisa didownload disini.

Install Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal versi Beta
Untuk memulai install Ubuntu 12.10, pilih ikon install ubuntu 12.10 yang ada di desktop atau pada menu Dash sebelah kiri.
Seperti biasa proses installasi di Ubuntu prosedurnya sangat mudah  bisa diikuti tahap demi tahap, karena installer Ubiquity milik Ubuntu tidak menawarkan banyak pilihan untuk dipilih, sehingga Anda tidak akan salah.


Pilih bahasa dan klik tombol Install Ubuntu untu memulai proses installasi.
Pilih bahasa yang digunakan
Anda akan dibawa menuju tampilan berikutnya, untuk menginstall Ubuntu 12.04 LTS paling tidak harus tersedia ruang penyimpanan hardisk 4.9 GB, sedangkan koneksi internet optional saja. 

Koneksi Internet melalui Wifi
Jika Anda terhubung internet bisa langsung melakukan update saat proses installasi berlangsung, selain itu bisa install software codec dari pihak ketiga supaya sistem siap dan bisa menjalankan file Flash, MP3 dan file media lainnya. Centang checkbox dan klik Continue.
Install codec dan update melalui internet

Tahapan berikutnya adalah partisi hard disk, disini ada tiga pilihan yaitu Install Ubuntu alongside them, Erase disk and install Ubuntu dan Something else. Hati-hati dengan pilihan Erase disk and install Ubuntu karena akan menghapus semua data dan partisi yang ada dalam hardisk, lakukan backup semua data Anda.
Pilihan type Installasi
Yang menarik disini adalah adanya pilihan Install Ubuntu alongside them, yang memungkinkan kita dapat menginstall Ubuntu berdampingan dengan sistem operasi lain dan dapat menggunakan atau menyalin file-file pribadi  Dokumen, musik, atau file lainnya seperti pada sistem operasi yang telah terpasang.
Disini saya pilih Something else, karena ingin menentukan partisi sendiri, sistem file yang digunakan untuk / saya pilih Ext4 Journaling File System, Mount Point /Data  & /Extra serta partisi Swap.
Menentukan tipe file sistem yang akan digunakan

Setelah membuat dan memilih partisi / serta swap selanjutnya klik Install Now  
Menentukan Partisi Sendiri beserta Mount Point Partisi
Berikutnya pemilihan zone waktu, Untuk Indonesia pilih Jakarta GMT +07.
Zone Tempat
Ganti layout keyboard jika dirasa perlu, tapi saya sarankan gunakan default saja cukup dengan klik Continue
Keyboard Layout
Masukan Nama lengkap, username dan password Anda, ada peringatan kalau password yang diisikan terlalu pendek.
Pilihan Require my password to log in memungkinkan keamanan lebih karena setiap ingin masuk desktop Unity kita terlebih dahulu harus memasukkan username beserta passwordnya. Sedangkan sebaliknya pilihan  Log in automatically  masuk Desktop Unity secara langsung ini karena komputer personal.
Mengisikan Username dan Password

Klik Continue untuk melakukan proses installasi, hal ini akan berlangsung beberapa menit saja, jadi bersabar. Disini tampilan Welcome nya masih Ubuntu 12.04 LTS Precise Pangolin, karena memang ini merupakan Ubuntu 12.10 versi Beta.
Proses Installasi Ubuntu 12.10 Versi Beta
Setelah selesai installasi, Anda akan diminta untuk reboot sistem dan klik Restart Now.
Diakhir proses shutdown, Anda akan diminta untuk mengeluarkan media installasi Ubuntu dari drive, lakukan dan tekan ENTER.
Sistem Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal versi Beta  siap untuk digunakan dan ini adalah tampilan desktop Unity Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal versi Beta pada laptop Axioo Neon dengan tampilan Detail masih tertera Ubuntu 12.04 LTS.
Desktop Unity Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal versi Beta




0 komentar

Posting Komentar